Transportasi

Kegiatan Konferensi Karnivora Indonesia akan dilaksanakan di Ketapang Indah Hotel, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi konferensi bisa ditempuh melalui beberapa jalur trasnportasi diantaranya:

Darat

Perjalanan bisa dimulai dari Surabaya, selanjutnya untuk menuju Banyuwangi terdapat beberapa pilihan:

Kereta Api

Jika peserta dari Jakarta dan atau sekitarnya, tidak ada kereta langsung menuju Banyuwangi. Peserta harus memilih tujuan Stasiun Surabaya Pasar Turi atau Surabaya Gubeng atau Wonokromo. Dari Surabaya melanjutkan ke Stasiun Banyuwangi Baru. Stasiun ini sangat dekat dengan Ketapang Indah Hotel dan hotel-hotel sekitar selain Ketapang Indah Hotel, serta dekat dengan Pelanuhan Ketapang.

Namun jika penginapan peserta berada di Banyuwangi (kota), peserta dapat turun di Stasiun Karangasem, kurang lebih 5 menit dar alun-alun kota (dekat dengan pusat kota Banyuwangi). Bus tujuan Banyuwangi dari terminal Bungurasih.

Travel atau sewa mobil

Lama perjalanan menggunakan bus atau mobil atau travel dari Surabaya kurang lebih 8-9 jam melalui jalur Jember atau Situbondo. Jika peserta menggunakan bus, bus akan berhenti di terminal Sritanjung. Terminal ini dekat dengan Ketapang Indah Hotel dan hotel-hotel sekitar selain Ketapang Indah Hotel, serta dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Hindari sampai di terminal Sritanjung malam hari, dengan berangkat pagi dari Surabaya karena akses ke pusat kota tidak mudah.

Udara

Peserta yang memilih perjalanan menggunakan pesawat terbang, untuk penerbangan langsung penerbangan ke Banyuwangi dalam sehari hanya terdapat 4 kali penerbangan dari Nam Air dan Garuda Indonesia. Namun untuk multimaskapai dan transit banyak tersedia dari penjaja perjalanan online. Bandara Blimbingsari, terletak di selatan kota Banyuwangi. 

Jadi untuk ke Banyuwangi lewat udara, peserta yang memilih penerbangan transit harus transit dulu di Bandara Juanda, Surabaya atau Bandara Ngurah Rai, Bali dan ganti pesawat menuju Banyuwangi. Perjalanan dengan pesawat dari Surabaya ke Banyuwangi hanya memakan waktu kurang lebih satu jam.

Untuk sampai ke venue (Ketapang Indah Hotel) atau keluar dari Bandara Blimbingsari hanya ada taksi.

Laut

Peserta yang memilih perjalanan laut, memilih tujuan Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro (10 km ke utara dari Kota Banyuwangi). Pelabuhan Ketapang berseberangan dengan Stasiun Banyuwangi Baru yang bisa ditempuh dengan jalan kaki, dimana dekat dengan Ketapang Indah Hotel dan hotel-hotel sekitar selain Ketapang Indah Hotel. Peserta dari Bali menyeberang dari Pelabuhan Gimanuk, Bali ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, kurang lebih 1 jam lamanya penyeberangan tersebut.

  • Biaya/tarif yang dikenakan per seorangan:

Dewasa Rp 6,500 Anak-anak Rp 4,500

  • Tarif jasa penyeberangan kendaraan:

kendaraan golongan I (sepeda gayung) Rp 7,500 kendaraan golongan II (sepeda motor di bawah 500 Cc) Rp 24,000 kendaraan golongan III (sepeda motor di atas 500 Cc) Rp 37,000 kendaraan golongan IV (panjang sampai dengan 5 meter): golongan IV A Rp 159,000 golongan IV B Rp 141,000 kendaraan golongan V (panjang lebih dari 5 meter hingga 7 meter: golongan V A Rp 302,000 golongan V B Rp 242,000

Bandara Blimbingsari-KIH

  • Taksi 150.000
  • Damri 20.000 (harus by request karena tidak standby di Bandara)

Stasiun Banyuwangi Baru-KIH

  • Taksi 20.000-30.000
  • Angkot 5.000-10.000

Pelabuhan Ketapang-KIH

  • Taksi 20.000-30.000
  • Angkot 5.000-10.000

Terminal Ketapang-KIH

  • Taksi 20.000-30.000
  • Angkot 5.000-10.000

Catatan : angkot di Banyuwangi sangat jarang