Konferensi

Kegiatan konferensi ini meliputi seminar, presentasi oral-poster, resolusi perubahan (diskusi), dan gala dinner. Topik-topik yang akan dibawakan mengenai upaya pelestarian karnivora dalam berbagai aspek (meliputi bidang ekologi, kesehatan, mitigasi konflik,  dan kampanye) yang dilanjutkan dengan diskusi untuk menghasilkan rekomendasi dalam upaya konservasi.

Seminar

Kegiatan seminar akan dilakukan dengan menghadirkan beberapa pembicara utama (keynote speaker) yang merupakan ahli di bidangnya. Topik yang akan diulas oleh pembicara utama dalam seminar ini meliputi:

Topik 1 : “Kebijakan pemerintah: perlibatan masyarakat dalam upaya konservasi mamalia karnivora”

Topik 2 : “Kondisi terkini mamalia karnivora di Indonesia: penelitian dan status konservasinya”

Topik 3 : “Persepsi lembaga donor dalam strategi konservasi mamalia karnivora skala lanskap”

Topik 4 : “Pembelajaran strategi intervensi konservasi mamalia karnivora di Indonesia”

Topik 5 : “Perdagangan mamalia karnivora: ekonomi, hobi atau prestise?”

Topik 6 : “Interaksi manusia-mamalia karnivor: kondisi, tantangan dan solusinya”.

Presentasi

Kegiatan presentasi akan dibagi menjadi presentasi oral dan poster. Pada kegiatan ini, peserta yang sebelumnya terpilih melalui seleksi akan mempresentasikan informasi yang berkaitan dengan salah satu topik seminar. Presentasi oral akan dibawakan oleh peserta dengan waktu 20 menit (15 menit presentasi + 5 menit diskusi). Presentasi poster dibuat dalam bentuk banner yang akan dipajang dalam ruangan khusus pada acara konferensi.

Resolusi Perubahan

Resolusi perubahan merupakan kegiatan diskusi paralel yang membahas isu konservasi mulai dari upaya yang sudah dan sedang dilaksanakan serta rekomendasi strategi konservasi. Peserta akan dibagi berdasarkan keahlian atau minat dalam jenis satwa karnivora yang dipimpin oleh fasilitator. Topik yang akan dibahas adalah:

 » Mengisi kekosongan informasi mamalia karnivora;

 » Inovasi konservasi mamalia karnivora;

 » Perdagangan ilegal mamalia karnivora;

 » Interaksi manusia-mamalia karnivora dan kesehatan satwa;

 » Kebijakan dan peran masyarakat.

Temu dan Jejaring

Temu dan jejaring merupakan momen mempertemukan antara lembaga konservasi – mitra dan kader konservasi dalam memberikan gambaran dan mengenalkan kegiatan masing-masing untuk berbagi informasi dan membangun jaringan dalam upaya konservasi.

Waktu : 27 – 29 November 2017       Tempat : Hotel Ketapang Indah, Banyuwangi, Jawa Timur


Presentasi terbaik akan mendapatkan hadiah menarik